Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat tanaman nanas bagi kambing

pohon nanas


Kambing ialah ternak yang terintegrasi dengan sistem usaha tani paling utama pada petani dengan pemilikan lahan terbatas. Pada biasanya kambing masih dipelihara selaku pekerjaan sampingan, dengan metode dilepas, dikandangkan pada malam hari ataupun dikandangkan seluruhnya.

Manajemen pemeliharaan biasanya masih sangat simpel dengan sistem pemeliharaan tradisional sehingga kambing sangat rentan terhadap serbuan bermacam berbagai penyakit. Salah satunya, penyakit cacingan dari spesies Haemonchus contortus yang ialah tipe cacing dari kalangan Nematoda dengan angka investasi bisa menggapai 80%.

Isyarat kambing cacingan:
  1. Kambing terus menjadi kurus( berat tubuh tidak cocok usia)
  2. Bulu agak berdiri serta tidak mengkilap( kumal)
  3. Wasir ataupun kotoran lembek hingga mencret sehingga kandang kilat kotor
  4. Lesu serta pucat dan nafsu makan berkurang
  5. Wilayah rahang nampak membesar( Bottle jaw)
  6. Mati mendadak
Penyembuhan serta Penanganan

Kambing yang menampilkan indikasi cacingan diatasi dengan obat tradisional ataupun dengan obat pabrikan. Obat tradisional lebih murah, gampang didapat, bisa dikerjakan oleh peternak serta tidak mempunyai dampak samping yang membahayakan sebaliknya obat pabrikan kebalikannya.

Obat cacing kambing tradisional yang sudah teruji efisien kurangi infestasi cacing pada kambing merupakan tumbuhan nanas. Segala bagian tumbuhan nanas bisa digunakan buat penyembuhan cacingan.

Triknya dengan melenyapkan durinya, bagikan langsung kepada kambing. 600 miligram buat 1 kilogram bobot tubuh, diulang 10 hari selanjutnya. Jauhi pemberian obat ini pada kambing bunting.